Sekedar celoteh sambil lalu, diketik pas malam-malam, sambil ngemil dan begadang. Jangan terlalu dalam dipikirkan, jangan bawa-bawa perasaan, jangan marah, dan salam sayang.

Sabtu, 01 Februari 2014

Docang Super Cirebon, Sisa-sisa Perjalanan





Ibu kota yang sedang sibuk dengan banjir cukup melelahkan, selesai berkutat dengan macet dari tebet sampai kuningan yang memakan waktu hampir tiga jam akhirnya kami- aku dan kawan kawan seperjalananku melarikan diri ke kota cita-cita sedari muda, Bandung. Dan lalu lega. Bandung masih tetap sesegar jaman SMP dulu, ketika pertama kali mengunjungi. Kami berlama-lama di sini, sekedar duduk-duduk di lorong masjid yang entah kenapa sama sepinya dengan masjid di kota-kota, tapi tetap saja menawan dan menawarkan bantuan bagi para pejalan. 
 
Subuh sampai menjelang magrib hariku habis di kota ini, mengunjungi beberapa kawan, menjejak kesan, dan berakhir dipusat perbelanjaan yang paling tenar di Paris Van Java, Cibaduyut. Banyak yang berubah tentu saja, dari tatanan, bangunan, dan sepanjang jalan. Tapi tetap saja produk di sini selalu sama, boneka dan sepatu, sejauh mata memandang. Lalu kami mulai tenggelam.

Bagiku, sebuah perjalanan tak akan lengkap tanpa wisata kuliner. Bandung  tentu saja punya segudang, mulai dari peuyem sampai dodol, namun bukan keduanya yang kemudian membuat perut membincang.

Sebuah cerita tersisa dari jalan-jalan mahal ini, docang. Kata yang jualan, docang ini jadi makanan asli dan khas Cirebon. Pertama kali lihat hidangannya sempat nggak yakin, seperti lotek berkuah dan tak bisa membayangkan rasanya. Tapi setelah memberanikan diri mencoba, ternyata enak luar biasa. Jauh dari rasa lotek. Docang ini dibuat dengan memadukan lontong, daun singkong, kangkung, taoge, dilengkapi dengan Dage (tempe gembos yang dihancurkan) kemudian dibumbui sambal kacang dan ditabur parutan kelapa. Kuahnya? Gurih, entah apa bumbunya. 

Tidak mudah menemukan makanan yang satu ini, untungnya kami mampir di rumah seorang kawan dan berkesempatan mencicipinya dari seorang bakul dekat rumah :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar